Tuesday 24 May 2011

Kemana Setelah Lulus SMA?

Kemana setelah lulus SMA? Inilah pertanyaan yang akan timbul bagi kita para siswa-siswi SMA/sederajat yang sebentar lagi akan meninggalkan bangku sekolah SMA. Tahun Ajaran Baru akan segera tiba dan bagi kita para lulusan SMA akan menentukan pilihannya,Kemana setelah Lulus SMA ?

Ada beberapa pilihan yang bisa kita lakukan diantaranya adalah :
1.Menganggur.
2.Menikah.
3.Kerja.
4.Kuliah.

1.Menganggur
Menganggur setelah lulus SMA/sederajat mungkin bukanlah pilihan yang diidamkan tapi kemungkinan karena terpaksa. Yah terpaksa nganggur karena tidak lulus masuk perguruan tinggi, atau biaya masuk perguruan tinggi belum cukup,atau memberikan kesempatan kepada kita yang masih membutuhkan biaya sekolah,atau mempunyai alasan lainnya,yang jelas pilihan menganggur sepertinya bukan pilihan yang idaman bagi setiap siswa-siswi,tapi kemungkinan karena terpaksa.

2.Menikah
Sepertinya enak ya setelah lulus SMA/sederajat langsung nikah. Tapi sebetulnya pilihan ini juga bukan pilihan yang idaman bagi para siswa setelah lulus SMA. Pilihan nikah setelah lulus SMA juga kemungkinan karena terpaksa dengan alasan yang mirip alasan nganggur diatas,daripada nganngur mendingan nikah. Dibeberapa daerah di Indonesia,khususnya di kampung-kampung masih ada kebiasaan seperti itu khususnya para gadis, setelah lulus SMA langsung nikah.

3.Bekerja
Jika setelah lulus SMA/sederajat memilih untuk Bekerja, maka pilihlah jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kita. Untuk lowongan pekerjaan lulusan SMA memang lingkupnya sangat terbatas,itupun masih dibutuhkan ketrampilan tambahan seperti harus menguasai komputer. Jenis pekerjaan bagi lulusan SMA ini memang tidak bisa pilih-pilih, dengan semakin majunya perkembangan zaman maka spesifikasi yang dibutuhkan dalam jenis pekerjaan juga semakin tinggi. Sebagai contoh untuk pekerjaan Office Boy atau Cleaning Service saat ini yang dibutuhkan ijazah SMA.

4.Kuliah
Jika niatnya setelah lulus SMA kita mau melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi,maka kita harus pertahankan niat tersebut. Memang yang utama adalah niat,jika niat sudah kuat maka banyak jalan ke Roma. Setelah niat ke Perguruan Tinggi kuat, maka agar niat kita tercapai dengan baik maka pilihlah perguruan tinggi idaman atau yang sesuai dengan keinginan kita.

No comments:

Post a Comment