Tuesday 17 May 2011

7 Pertanyaan 'Dahsyat' Interview Kerja

Hai!

Kita sudah sering mendengar istilah 'interview kerja'. Ga sedikit yang bilang interview kerja itu fase horror dalam melamar pekerjaan, karena ketika wawancara, kita dinilai oleh tim wawancara. Jawaban yang kita berikan akan menjadi senjata kita dalam wawancara kerja. Interview ga hanya dilakukan untuk full time job lho... Ketika kita melamar part time job atau internship, kita pun akan mengalami fase ini.
Sekarang kita akan membahas pertanyaan-pertanyaan yang dianggap 'horror' dan apa yang sebaiknya kamu katakan agar peluang kamu diterima kerja semakin besar. Bagi beberapa orang yang pernah merasakan interview dan melewatinya, mungkin sudah biasa dengan pertanyaan-pertanyaan ini. Tapi bagi kamu yang baru pertama kali melakukan interview, kamu HARUS baca! :)

1. Ceritakan mengenai diri Anda!
Untuk pertanyaan ini, interviewer ingin kamu menjelaskan mengenai kekuatan, prestasi, atau segala hal positif yang yang terkait dengan kamu . Mungkin kamu terjebak untuk menjawab mengenai hobi, saudara dan keluarga, hewan piaraan, teman dan lain sebagainya. Jawaban tersebut tidak berguna karena tidak akan memberikan manfaat kepada perusahaan.
2. Apakah kelemahan Anda?
Jangan menceritakan tentang hal–hal negatif mengenai diri kamu, misalnya pernah menggunakan narkoba, pernah dipenjara, kalau tiduk ngorok, mabuk, atau misalnya 'saya tidak bisa kerja di bawah tekanan waktu deadline'. Jawaban itu akan membunuh kamu seketika. Yang benar misalnya mengatakan bahwa 'saya workaholic, jadi saya tidak bisa berhenti jika pekerjaan saya belum selesai akan tetapi saya akan berusaha mengatur waktu dengan baik saat saya mulai kerja di perusahaan ini.'. Memang kelihatannya itu adalah sebuah kelemahan tetapi tidak bagi interviewer. Itu semua hanyalah sebuah contoh, jawaban kamu mungkin bisa dalam hal yang lain.
3. Kenapa Anda meninggalkan pekerjaan sebelumnya?
Jawaban untuk pertanyaan ini akan menentukan jenis kepribadian kamu. Pertanyaan explisitnya adalah “Apakah Anda loyal terhadap perusahaan?”. Jangan pernah berkata bahwa "karena perusahaan Anda menawarkan gaji yang lebih tinggi dibanding perusahaan sebelumnya" atau "perusahaan tempat saya kerja kemarin jelek", "perusahaan Anda adalah yang terbaik". Cara pandang dan perkataan negatif Anda tidak akan menaikkan rangking Anda di depan interviewer. Katakan "saya melihat disini saya dapat berkembang dan meningkatkan kepribadian, kemampuan saya…dll setingkat lebih baik jika saya bergabung dalam perusahaan ini.".
4. Bisa bekerja bersama tim?
Katakan "Ya" untuk pertanyaan ini, karena dengan tim kamu bisa bekerja dengan cepat dan efisien. Jangan katakan bahwa "saya mampu memimpin tim perusahaan Anda". Kenapa? Karena setiap perusahaan memiliki kondisi kerja yang berbeda. Ditambah lagi kamu tidak tahu anggota tersebut ataupun mengenalnya satu persatu. Jadi jangan memberikan opini sampai kamu melihat faktanya.
5. Berapa gaji yang Anda inginkan?
"Berapa gaji yang Anda inginkan?" Jangan berkata seolah kamu ingin mengambil uang yang banyak dari perusahaan tanpa kamu mau memberikan apapun. Tunjukkan mereka kita adalah partner beri mereka Win-Win Solution. Kamu bisa menjelaskan UMR misalnya 1 juta, kemudian ditambah biaya-biaya lain misalnya untuk posisi supervisor saya membutuhkan dana komunikasi Rp…, tabungan Rp…, asuransi Rp…, etc. Jelaskan dari sudut pandang perusahaan dulu kemudian jelaskan biayanya. Untuk mempermudahnya, kamu bisa survey 'harga' pekerjaan yang kamu inginkan disesuaikan dengan kualifikasi kamu.
6. Kenapa saya harus menerima Anda?
Kamu bisa menjawab "saya tinggal di dalam kota yang sama dengan perusahaan sehingga saya bisa lebih fokus bekerja", "saya mampu melakukan market research karena saya mempunyai jaringan yang luas", atau "saya memiliki pengalaman 5 tahun dan saya tahu tentang teori dan prakteknya sehingga saya mampu meningkat kecepatan perusahaan dengan cepat".
7. Apa saran Anda untuk meningkatkan kinerja perusahaan?
Jangan memberi pernyataan tanpa fakta! Kamu harus menjawabnya dengan jujur bahwa kamu tidak mengetahui fakta situasi perusahaan yang sesungguhnya. Katakan bahwa kamu akan melihatnya dulu dengan seksama dan setelah itu akan memberikan pendapat dan saran.

Untuk memperlancar menjawab pertanyaan, ga ada salahnya kalau latihan di depan cermin atau bermain peran dengan teman kamu. Semoga bermanfaat! Tunjukkan yang terbaik, maka kamu akan lebih di hargai. Good luck. :)

No comments:

Post a Comment