Tuesday, 24 May 2011

Sukses Kerja dengan Ijazah SMA/SMK

Banyak kisah inspiratif dari orang yang sukses bekerja bermodal ijazah SMA/SMK.  Salah satu contohnya Acoen. Lulusan SMK jurusan akuntansi ini memulai pekerjaan sebagai staf rumah tangga di sebuah kantor penerbitan. Karena rajin, jujur, ulet, supel dalam pergaulan, serta mau belajar, setahun kemudian, Acoen diangkat sebagai staf sekretaris redaksi. Gaji jauh di atas UMR, bonus, THR, plus tunjangan kesehatan ia dapatkan sebagai kompensasi.


Ada juga Indra. Ia memulai bekerja sebagai staf rumah tangga. Karena bisa menyetir mobil dan memiliki SIM, pihak kantor merekrutnya sebagai supir. Tak puas sebagai supir, ia belajar me-layout buku dengan Adobe Pagemaker. Setelah dipercaya dengan hasil pekerjaannya, akhirnya ia pun diangkat menjadi setter di sebuah penerbitan buku-buku agama.


Sebenarnya bila kita sisir masih banyak kisah sukses lainnya. Bahkan lulusan SMA yang sukses bisa bekerja mandiri pun banyak. Contohnya Marfudin.
Anak Betawi yang awalnya ‘setengah menganggur’, ini tertarik belajar fotografi pada teman-temannya. Lewat tabungan ia nekat membeli peralatan fotografi. Ia pun magang dan kerja di studio foto khusus wedding di Depok. Setelah bisa motret dan paham peta bisnis foto wedding, ia membuka usaha studi foto wedding sendiri. 

Ketiga penggalan kisah inspiratif di atas diambil dari buku Sukses Kerja dengan Ijazah SMA/SMK. Buku ini merupakan panduan tepat bagi yang tidak mau dan bosan menganggur. Buku telah menggugurkan mitos bahwa untuk bisa memperoleh pekerjaan perlu ijazah perguruan tinggi. 

Satu pesan spesial dari buku ini: untuk bisa berkompetisi di dunia kerja bermodal ijazah SMA/SMK perlu kreativitas, kerja keras, dan nilai plus. Nilai plus ini bisa kamu dapatkan, misalnya dari kursus bahasa asing, keterampilan, dan mengasah hobi yang bisa dijadikan lahan pekerjaan.

Selain berisi cara praktis menembus dunia kerja dan sebagai panduan, buku ini memuat antara lain:

• Berbagai pilihan kursus/pelatihan mudah dan murah untuk meningkatkan potensi diri.
• Cara mudah membuat surat lamaran kerja, CV, dan portofolio (Indonesia/Inggris). 
• Contoh pertanyaan dan jawaban yang tepat saat wawancara kerja.
• Cara cerdas memilih agen perekrut tenaga kerja (dilengkapi daftar agen dan alamatnya).
• Testimonial orang-orang yang mendapatkan pekerjaan layak dengan ijazah SMA/SMK 

Buku terbitan Visimedia ini ditulis Bernard T. Wahyu Wiryanta. Sebagai lampiran buku ini disertai daftar agen tenaga kerja.

Masih bingung mau ke mana setelah lulus SMA/SMK ? Bila kamu bingung dan sedang bosan nganggur simak baca buku ini. Banyak jalan terang yang bisa kamu tempuh setelah membuka-buka buku ini. 
Tetap kreatif dan semangat.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment